25.6.14

Welcome Ramadhan... :* :D

Assalamualaikum wr. wb.

Halohaaaa semuaaa...
Rasanya udah lama banget tidak posting-posting lagi...
Kring....kring... (alarm jayus, hehe..) taraaaaaaaa...

Ramadhan sebentar lagi akan datang, gimana perasaan kalian pastinya sangat senang ketika bulan suci ini akan datang. Karena banyak sekali keutamaan yang ada di dalam bulan Ramadhan ini. Dimana kita akan menahan hawa nafsu di bulan suci.

Dari Abu Hurairah ra. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :
" Telah datang kepada kalian Ramadhan, bulan yang pernuh berkah. Allah wajibkan kepada kalian puasa di bulan ini. Di bulan ini, akan dibukakan pintu-pintu langit, dan ditutup pintu-pintu neraka, serta setan-setan nakal akan dibelenggu. Demi Allah, di bulan ini terdapat satu malam yang lebih baik daripada 1000 bulan. Siapa yang terhalangi untuk mendulang banyak pahala di malam itu, berarti dia terhalangi mendapatkan kebaikan. (HR. Ahmad, Nasai 2106, dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

Banyak orang yang mempersiapkan diri untuk menyambut bulan yang suci ini. Apa ya kira2 yang perlu kita persiapkan untuk menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan ini?
Mungkin sedikit saran, saya dapatkan ini dari beberapa sahabat.
jreng...jreng...

1. Niat berpuasa karena Allah ta'ala.
2. Niat untuk mengisi setiap waktu di bulan Ramadhan ini dengan ketaatan demi ketaatan. Ingat ibadah sunah yang dilakukan di bulan Ramadhan akan diberi balasan sebagaimana ibadah wajib. Dan untuk ibadah wajib akan dinaikkan pahalanya pahalanya sampai ratusan lipat ganda pahalanya oleh Allah ta'ala.
3. Tilawatil Qur'an. Ketika seorang muslim/muslimah membaca Al-Qur'an maka dari setiap hurufnya mendapatkan 10 kebaikan.
4. Persiapkan Ruhiyah dengan memperbanyak istighfar, agar kita memasuki bulan Ramadhan dengan hati yang bersih.
5. Persiapkan ilmu - terutama yang terkait dengan hal-hal bagaimana menjalani bulan Ramadhan agar sukses.
6. Berniat dari sekarang untuk bisa melaksanakan i'tikaf di mesjid. Karena i'tikaf adalah salah satu amalan andalan di bulan Ramadhan. Dalam rangkaian ibadah i'tikaf berdo'alah agar Allah ta'ala memberikan kita karunia besar mendapat Lailatul Qadr. Seperti yang telah disebutkan hadis Rasul di atas, bahwa di dalam bulan Ramadhan terdapat satu malam yang lebih baik daripada 1000 bulan. Maka dari itu kita harus bisa memanfaatkan ini dengan sebaik-baiknya.
7. Siapkan diri untuk ambil semua peluang amal sholih terkait dengan hablum minannas, menolong sesama muslim.
8. Bagi yang sempit dana jangan pelit untuk bersedekah. Karena sedekah dan memberi makanan untuk buka puasa bagi ummat muslim adalah langkah ibadah cerdas bin manfaat besar bagi dirinya.
9. Mengingat begitu padatnya kegiatan di bulan Ramadhan, maka sebaiknya kita tidak lupa mempersiapkan stamina dan kesehatan diri kita seprima mungkin. Ingat ! bisa jadi kita tidak akan bertemu dengan bulan Ramadhan di tahun depan. Jangan remehkan masalah kebugaran tubuh kita.
10. Banyak berdo'a kepada Allah ta'ala. Agar kita bisa istiqamah di Ramadhan ini dalam melaksanakan semua agenda yang kita rancang.

Ukuran kesuksesan seseorang dalam melalui Ramadhan sudah jelas ! Keluar darinya akan menduduki maqom al Muttaqqinuun... Orang2 yang bertakwa.

Adalah kedudukan bergengsi dari sisiNya, yang pasti seorang hamba yang sukses mencapainya akan mendapat MaghfirohNya, CintaNya dan DimuliakanNya hidupnya baik di dunia maupun di akhirat kelak. Insya Allah.

Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1435 H. Mohon maaf lahir batin.

Semoga bermanfaat saran ini untuk kalian. Dan semoga Ramadhan kali ini bisa lebih baik dari Ramadhan sebelumnya. Aamiin...

Wassalam.

No comments:

Post a Comment