17.12.12

Bahasa Pemrograman

Assalamualaikummm..... :)))

Haaaaaiiii...sobat blogger semuaaa... jumpa lagi kita disini...

Memang yaa...jika kita sudah menemui suatu hal yang baru menjadikan diri kita terkadang seperti kuper atau kata anak zaman sekarang katro or wong deso...haha atau pun malah menjadi suatu catatan tambahan di kamus pengalaman kita...
Yupzz...semua tergantung kepada diri kita sendiri, bagaimana kita menyikapi terhadap pergaulan yang baru saja dijelajahinya...
Disini aku ingin berbagi pengalaman tentang yang baru saja aku alami...

Aku terdaftar sebagai mahasiswi di salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta, disana aku mengambil jurusan dimana disitulah awal pengalaman baruku dimulai...
Semenjak terdaftar sebagai mahasiswi disana, banyak hal yang baru aku temui disana, salah satunya dari berbagai istilah di dalam mata kuliah yang aku pelajari saat ini.
Banyak mata kuliah yang memang terdengar asing di telinga ini. Karena mungkin aku belum berpengalaman di dalamnya. Contoh salah satu mata kuliahnya sebut saja Algoritma dan Pemrograman 1. Mungkin bagi sebagian orang sudah sering mendengarnya, tapi sebagian yang lain pastinya asing.
Di mata kuliah tersebut aku mempelajari tentang bagaimana cara merubah bahasa manual ke bahasa mesin (komputer). Banyak bahasa mesin yang mungkin masuk ke dalam kategori pelajaran pemrograman tersebut. Contohnya C, C++, PHP, Java Script, HTML, dan sebagainya. 
Yang aku pelajari sekarang adalah C++, mungkin kalian yang belum mengetahuinya terasa asing mendengarnya dan akupun demikian, Awal aku mengetahuinya pun asing mendengarnya, karena mungkin sebelumnya belum pernah mengetahui apa sih C++...??

Tujuan dari pemrograman tersebut ialah untuk memecahkan suatu masalah. Di C++ merupakan bahasa pemrograman yang memiliki sifat Pemrograman Berorientasi Objek, dimana dia dalam menyelesaikan masalah melakukan langkah pertama dengan menjelaskan class-class yang merupakan anak class yang dibuat sebelumnya sebagai abstraksi dari objek-objek fisik. Class tersebut berisi keadaan objek, anggota-anggotanya dan kemampuan dari objeknya. Setelah beberapa Class dibuat kemudian masalah dipecahkan dengan Class.

Contoh pemrograman C++ :

#include<iostream.h>
#include<stdlib.h>
int main()
{
    cout<< "Hai...Kenalkan aku Sifa! "<<endl;
    
    system ("PAUSE");
    return 0;
}  

Contoh di atas pun awalnya aku juga asing ketika melihatnya. Tetapi untuk seorang programer yang handal mungkin sudah mengetahuinya sejak sekian lama. Ini termasuk paling dasar dari sekian banyak pola pemrograman yang ada. Memang sangat sulit untuk mempelajarinya, tapi kenapa tidak untuk selalu mendalaminya dengan niat "PASTI BISA".

Aku pun sempat bingung untuk mempelajarinya dan hampir pusing juga ketika mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen mata kuliah tersebut. Sampai-sampai aku banyak bertanya kepada teman-teman kampus, teman-teman group online yang memang mereka membicarakan khusus masalah C++, dan sampai pada suatu ketika ada salah satu dari mereka yang memberikan saran, salah satunya temanku yang bernama IGAL ALKON dia seorang programer dan web developer :

"I don't think you can ever stop learning a C++ (it's a standard that evolves). C++ is difficult, but there's an advantage to hard work, knowing it well, will allow you creating almost any feature of most current programming languages, and future too.

in my opinion, in difference from most other languages, where it's batter to know the whole language scope, with C++ you need to focus constraint the huge scope of C++ as it is a multiple paradigm programming language."

Saran tersebut memang membantu atas pertanyaan yang aku ajukan di group tersebut. Dan guruku pun tak lupa memberikan saran juga, "Jika kalian ingin mempelajari C++, kalian harus selalu menghapal pola-pola yang digunakan C++ tersebut, sehingga ketika kalian membuat program kalian bisa mempraktekannya tanpa harus melihat contoh-contoh melalui buku, tanpa banyak mengingat pola kalian akan bingung bagaimana cara untuk membuat program tersebut."

Dan sekarang aku sudah bisa sedikit demi sedikit mempelajari dan menggunakan program C++ itu walaupun belum sehandal programer yang lain, karena tanpa banyak praktek kita tidak akan bisa menggunakannya dengan baik. Aku sadar segala macam hal tanpa diniatkan "PASTI BISA" kita tidak akan bisa mengetahui apa yang ingin kita ketahui.

Baik, mungkin sampai disini dulu yaa postingan ku ini, semoga apa yang kubagikan bisa bermanfaat bagi yang lainnya...
See you...

Wassalam...

No comments:

Post a Comment